Wednesday, 25 June 2014

Ketika Nggak Punya Duit Pas Liburan

Liburan biasanya selalu identik dengan kebahagiaan dan kegembiraan. Pernyataan itu bener, kalo kita punya duit. Buat pelajar kayak gue, liburan bisa jadi bahagia sekaligus bencana. Kenapa bisa gitu? Karena pasokan dana buat pelajar itu rata-rata cuma bisa mengalir ke kantong ketika hari-hari sekolah aja. Kalo lagi liburan (apa lagi sampe berminggu-minggu) ya para pelajar yang senasip sama gue paling-paling cuma bisa gigitin jempol. Jempol kaki. Jempol kaki orang.



Walaupun liburan tanpa duit, bukan berarti kita nggak bisa liburan loh gaes! Di postingan kali ini gue bakal ngerekomendasiin ke kalian hal-hal yang bisa dilakukan buat ngemanfaatin waktu liburan walaupun lagi kagak punya duit. Mau tau apa aja? Nih sikat abis sob!



Nginep Di Rumah Temen

Supaya liburan bakal terasa asik walaupun lagi nggak punya duit, kalian bisa coba buat nginep di rumah temen. Nginep di rumah temen itu banyak keuntungannya loh. Selain dapet makan gratis dari yang punya rumah, kalian juga bisa ngelakuin hal-hal yang seru dan yang pasti tanpa ngeluarin biaya. Misalnya kalian bisa perang bantal, perang badar, perang badar pake bantal, bebas asal nyokapnya nggak liat. Kan bahaya kalo nyokapnya sampe liat.

"Dhiki, kamu lagi ngapain di kamar sama Dhika?" Terdengar suara keturunan Godzilla dari luar pintu kamar Dhiki.

"Eh... itu bu... aku lagi nyuci piring, Dhika lagi ngulek sambel," Dhiki mungkin tiap abis salat subuh nggak pernah absen buat ngejawab pertanyaan dari Dora, makanya pola berpikir dia sama rusaknya dengan Dora.

"Ngapain nyuci piring di kamar? Ibu masuk ya?" 

Kemudian ibunya Dhiki membuka pintu kamar. Dan...

"APA-APAAN INI? KAMU LAGI PERANG BANTAL YA?!" Kedua bola mata ibunya Dhiki terbelalak dan hampir gelinding menuju trotoar Jalan Jendral Sudirman. Dia terlihat sangat emosi ketika melihat Dhiki dan Dhika sedang asik perang bantal.

"..." Dhiki dan Dhika terdiam. Keringat mereka berdua mengucur begitu deras sampa-sampai membanjiri separuh Provinsi DKI Jakarta. Karena emosi dari ibunya Dhiki begitu membara, keringat Dhiki dan Dhika dengan cepat menguap. DKI Jakarta nggak jadi banjir.

"KOK IBU NGGAK DIAJAK?!" Suasana makin tegang. Orang-orang yang lagi naik wahana Histeria di Dufan pun ikutan tegang.

"Ya udah sini ibu ikutan main."

Akhirnya Dhiki, ibunya Dhiki dan Dhika bermain perang bantal bersama.

Pesan moral: Kalo mau perang bantal jangan lupa ajak nyokap temen yang lo inepin rumahnya. Kalo bisa sekalian aja ajak bokapnya, kakeknya, neneknya, sampe mayat buyutnya biar suasana makin seru.

Saran gue buat yang mau nyoba ngisi liburan dengan cara nginep di rumah temen, jangan cuma nginep sehari atau dua hari aja, tapi usahain nginep sampe liburannya selesai. Bahkan kalo bisa sampe kalian lulus kuliah, terus nikah dan punya anak. Kalo kalian sampe nginep selama itu, gue yakin, selain kalian bahagia karena dapet makan gratis, cepat atau lambat pasti kalian bakal diusir dan di-blacklist sama PTN (Perserikatan Teman Nginep). Ya lagian nggak tau diri, nginep kok sampe beranak istri.


Main Game

Gue yakin hampir setiap remaja Indonesia jaman sekarang pasti punya gadget yang berisi game di dalemnya. Supaya liburan kalian nggak suntuk-suntuk amat karena nggak punya duit, manfaatin deh tuh gadget yang kalian punya buat main game dari bangun tidur sampe tidur lagi. Tapi kalo mau lebih seru dan lebih nggak ngeluarin biaya, kalian bisa main game di rumah temen yang punya console game. Kalo perlu jangan cuma main, tapi sekalian nginep. Nginepnya jangan tanggung-tanggung. Kalo belom diusir, jangan pulang.


Olahraga

Cara lain buat mengisi liburan tanpa biaya adalah dengan olahraga. Tapi olahraganya harus yang nggak pake duit. Misalnya jogging dan gowes keliling komplek. FYI, selain menyehatkan badan, olahraga seperti jogging dan gowes keliling komplek juga bisa menyehatkan jiwa, karena tiap pagi atau sore pasti ada aja mbak-mbak gemes yang lagi olahraga. Lumayan kan tuh dapet pemandangan buat menghilangkan stress karena selama liburan selalu mikirin gimana caranya supaya dapet duit.


Kalo kalian mau nginep tapi nggak diizinin, mau main game tapi nggak punya gadget, dan mau olahraga tapi takut nggak ada mbak-mbak gemesnya, masih ada cara lain buat ngakalinnya. Yaitu dengan cara...

Tidur

Kalo lagi hari-hari sekolah selalu ngeluh karena jam tidur yang sedikit, cobalah manfaatkan hari libur yang panjang itu buat hibernasi supaya nanti pas udah masuk sekolah lagi kalian punya cadangan energi buat nggak tidur di dalem kelas lagi selama satu semester.


Tidur

Pengin pergi kesana kemari tapi duit sepeser pun tak ada di dompet dan di lemari? Mari pergi tidur.


Tidur

Pengin pergi bareng pacar atau teman-teman tapi uang tak kunjung datang menghampiri? Silakan tidur.


Tidur

Capek baca postingan ini? Mari kita tidur.

Mio kucing

40 comments:

  1. Liburan itu enaknya main kerumah mantan bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah mantan lo nggak bakal mau lo datengin sob. Rumahnya udah move on. Yang punya rumahnya aja udah move on apa lagi rumahnya :v

      Delete
    2. yeeehhh.... siapa juga yang mau dateng kerumah mantan... Jangankan MANTAN, PACAR aja belom punya -____-

      Delete
  2. gue anak kuliah dik, dan gue masi satu kota jadi kagak ngekos, dan kalo liburan emang duit jajan seret banget :( #curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahasiswa kayaknya nggak pas kuliah, nggak pas libur duitnya seret mulu :'(

      Delete
  3. Persoalan banget ini kalo lagi libur tapi gak ada uang. Yang lebihsering gue lakuin kalo gini ya tiduuuuuuurrrrr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih baik tidur selama tiga minggu. Lumayan buat mutihin badan.

      Delete
  4. bener tuh duit jajan gue berkurang kalo lagi liburan. mending tidur, kalo nggak ngemis sehari buat jalan sehari :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada pusing mikirin liburan tanpa duit, mending molor sampe tahun ajaran baru :v

      Delete
  5. Kadang kalo liburan, kalo ngga minta ngga dikasih, kalo dikasih pun cuma setengah dari uang jajan biasa gue sekolah. Emang pas liburan dompet orang tua pada merdeka, kampret -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue kalo minta nggak dikasih, kalo nggak minta lebih nggak dikasih. Kita mah sabar aja ya :')

      Delete
  6. Kalo liburan ikut seminar-seminar aje bro kaya gitu. GRATIS-dapet uang jalan-dapet konsumsi-dapet pengalaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh nggak kepikiran gue. Bisa dicoba nih tipsnya. Thanks yo :D

      Delete
  7. jadi inget masa SMA, libur? ya miskin! :D

    ReplyDelete
  8. Kalo liburan cari kerja part-time aja men, selain dapet pengalaman dapet duit juga! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyarinya itu yang susah. Entar giliran udah dapet, waktu liburannya abis :v

      Delete
  9. gue paling kesian ama yang tidur di wc, kepalanya sengkleh wkwk :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga kasian sama diri gue. Kenapa pas liburan nggak dapet duit jajan :v

      Delete
  10. hahaha.. inget jaman sekolah gue, bener banget kalo liburan pasti ngga punya duit -__-

    ReplyDelete
  11. Kalo mau tidur tapi gak punya rumah gimana dik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur bisa di mana aja. Tuh contohnya ada di gambar yang di atas :v

      Delete
  12. emang tidur juga nih yang bener.
    yuk kita tidur lah

    ReplyDelete
  13. Mending buka bisnis kecil - kecilan lewat online shop, hasilnya lumayan loh buat nambah2 uang jajan:3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modalnya dari mana kak? duit jajan aja kagak ada boro-boro dagang :v

      Delete
  14. Hoammmm. Gue bacanya jam segini. Udah ah, gue mau tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidurnya jangan sambil makan kak, entar keselek.

      Delete
  15. hahaha ini mah derita pelajar sejak zaman pra sejarah Dhik wuakakkaka :D
    tulisan elu makin makin aja Dhik ^^9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih amat kayaknya :(
      Aamiin Dhit. Makasih yo :D

      Delete
  16. maennnnnnnnnnnnnnn game sehariiaaaaaaaaaan oke tuh.
    Blogwalking :)-------------------> pammadistro.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. wahahaha kacau-kacau yang nginep rumah temen, eh nyokapnya malah ikutan. gue ngakak bro.
    ya emang bener, gowes dan jogging itu seru bangeeet.. dan terakhir, kalo udah bingung harus apa dan gak punya duit, mending tidur, hehe

    ReplyDelete
  18. Ternyata kita senasip bro . . . hehe jangan lupa mampir ya ke blog gw http://rifayadam.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    ReplyDelete

Kalo berkomentar yang baik-baik aja ya. Kan kalo orang baik pasti komentarnya juga baik. Kalo komentarnya jelek, mending ngaca dulu deh. Siapa tau komentar kamu sama kayak muka kamu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...