Saturday, 14 September 2013

Cara Memperbaiki Hubungan Persaudaraan

Dewasa ini gue sering melihat banyak temen gue yang nggak akrab sama saudara kandungnya sendiri. Padahal jarak umurnya nggak jauh-jauh amat. Ada temen gue yang bilang bahwa dia jarang banget ngobrol sama kakaknya. Bahkan ada temen gue yang nggak pernah ngobrol sama sekali dengan kakaknya sendiri. Kalo mereka udah nggak tinggal satu atap sih nggak apa-apa, lah ini masih tinggal satu rumah dan mereka selalu ketemu tiap hari. Menurut gue hal ini sangat aneh. Gue heran aja, kenapa bisa ya ada seorang kakak beradik yang nggak akrab. Harusnya antara adik dengan kakak terdapat hubungan batin yang sangat kuat. Gitu.


Gue pengen bisa akrab sama saudara kandung gue, tapi caranya gimana Dhik?


Kalo kalian sampai saat ini belum bisa akrab dengan saudara kandung kalian sendiri, gue ada sedikit tips nih supaya hubungan kalian bisa membaik.



Jangan gengsi apa lagi sombong!

Ini nih yang bikin suatu masalah jadi tambah ruwet. Ngapain sih kalian mesti gengsi apa lagi sampe sombong sama saudara kalian sendiri? Kan kalian lahir dari rahim yang sama. Kecuali saudara kalian lahir melalui rahim, sedangkan kalian lewat anus, kalo gitu sih boleh deh kalian sombong. Tapi kudu diinget, nggak ada orang yang lahir lewat anus. Jadi kalian jangan sombong.



Maafkan segala kesalahan saudara kalian

Kalo kalian punya kenangan buruk di masa lalu seperti misalnya mainan kalian pernah dirusakkin atau kalian pernah diceburin ke dalam sumur sama saudara kalian sendiri dan hal tersebut membuat kalian menjadi dendam, gue saranin cepet-cepet deh kalian lupain dendam tesebut dan kemudian maafkanlah kesalahan saudara kalian. Toh udah masa lalu kan? Masa masih aja dendam?

“Dendam tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah, justru sebaliknya. Dendam akan membuat sebuah masalah menjadi semakin rumit. Setiap suatu dendam terbalas, akan muncul dendam-dendam yang baru” – Dhika Rizky Sumanto, 15 tahun, pelajar, belom mandi 2 hari.



Komunikasi

Kalo kalian udah bisa memaafkan kesalahan saudara kandung kalian, cobalah untuk berkomunikasi sesering mungkin. Sesibuk apapun diri kalian, sempetin diri kalian untuk ngobrol atau minimal nanyain kabar lah. Kalo kalian masih tinggal satu rumah sama saudara kandung kalian, komunikasi menjadi hal wajib yang harus kalian lakukan.



Saling berbagi

Ingatlah bahwa dalam keadaan dan kondisi apapun, entah itu senang, susah, suka & duka, kalian harus tetap saling berbagi. Misalnya kalo kalian lagi makan di restoran Hoka Hoka Bentol Berjendol bareng temen-temen kalian, jangan lupa beliin saudara kalian makanan. Kalo nggak bisa beliin makanan, minimal bawain billnya lah.

“Bahwa sesungguhnya saling berbagi dapat membuat suatu hubungan menjadi lebih seimbang dan harmonis”  - Dhika Rizky Sumanto, 15 tahun, kondektur Metro mini jurusan bintaro – Blok M


Keep Romantic

Bukan, keep romantic yang gue maksud disini bukan berupa ucapan bela sungkawa untuk sepasang sepatu kekasih yang baru aja melangsungkan upacara pemakaman. Tapi Keep romantic yang gue maksud disini adalah mengharuskan kalian untuk menjaga kerhamonisan dan keromantisan hubungan kalian dengan saudara kandung kalian. Percuma kan kalo hubungan kalian udah membaik tapi kalian nggak bisa mempertahankan hubungan tersebut dengan baik.

pengen kan kalian kayak gini? :D

Kalo kalian pengen hubungan persaudaraan kalian membaik, segera jalanin tips dari gue. gue yakin, cepat atau lambat, hubungan persaudaraan kalian pasti akan membaik dengan sendirinya. Gue disini cuma bisa bantu mendoakan semoga kalian kedepannya bisa menjadi pasangan yang sakinah, mawaddah, warohmah. Aamiin. :D



Note: tips di atas nggak berlaku buat anak tunggal.

10 comments:

  1. Iyaaaa bener. Yang paling penting sih komunikasi gitu. Ngga boleh sungkan2 kalau misalnya mau curhat gitu. Biasanya kalo sekalinya curhat, besok bakalan ada curhat kedua-ketiga dan seterusnya, Bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini bener banget! setuju deh sama kamu :D

      by the way, makasih ya udah mau mampir :)

      Delete
  2. kalo sama sepupu gimana ?

    enengpanda.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kandung kan enak tiap hari ketemu, sepupu jarang :3 mana egak akrab dri kecil -_-

      join back :)

      Delete
    2. untuk kasus ini agak susah sih. masalahnya jarang ketemu. coba untuk jalin komunikasi aja dulu.

      Delete
  3. Se-gimana nyebelin sodara lo, itu sodara sendiri. Kalo lo lagi butuh, nggak bisa ngapa-ngapain- larinya juga ke sodara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener tuh vin! makanya kita harus deket sama sodara sendiri :)

      btw, makasih ya kak udah mau mampir :)

      Delete
  4. Intinya buat diri lo dan diri saudara lo nyaman, saling membangun rasa percaya. Gak cuma yang pacaran yang begitu, sodara juga. Penting.

    Follow aku hihi http://unyukk.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener tuh! apalagi buat yang jomblo. penting banget,

      btw makasih ya udah mau mampir :)

      Delete

Kalo berkomentar yang baik-baik aja ya. Kan kalo orang baik pasti komentarnya juga baik. Kalo komentarnya jelek, mending ngaca dulu deh. Siapa tau komentar kamu sama kayak muka kamu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...