Wednesday, 10 July 2013

Ramadhan Tiba!

Tak terasa, tak terduga, tak terkira, tak disangka, tak juju tak juju tak, pala lu botak, minta dijitak, sekarang kita udah memasuki bulan puasa. bulan yang penuh berkah, Bulan yang penuh ampunan. Rasanya jarum jam berputar begitu cepat, perasaan baru kemaren cebok pake ketupat. Eh sekarang udah harus puasa aja. Mau nggak mau harus kuatkan hati, kuat iman, dan nahan boker ( entah apa hubungannya nahan boker sama puasa -_- )

WELCOME HOME, RAMADHAN!

Mau nggak mau, pengen nggak pengen, suka nggak suka, doyan nggak doyan, bulan puasa udah dateng. bulan yang  di mana banyak sekali iklan-iklan sirop berkembang biak dengan ganasnya di depan layar kaca anda, bulan di mana warteg-warteg jadi kelihatan lebih mewah karena dihiasi dengan gorden dan tirai bekas spanduk pilkada, bulan di mana orang-orang pada bangun pagi-pagi budek cuma untuk nungguin imsak ( lah ini orang kurang kerjaan amat -_- )

Sebagai umat muslim yang merangkap sebagai ketua majlis taklim, gue selalu menyambut datangnya bulan ramadhan dengan suka cita abrakadabra hip hip hura hura seperti kebanyakan remaja ababil penjaga rental ps2 umat muslim di Indonesia lainnya. Gue suka banget sama bulan puasa. Kenapa? Karena di bulan puasa ini banyak sekali fenomena-fenomena yang jarang terjadi atau bahkan nggak ada di bulan-bulan lainnya. Misalkan aja yang kayak begini nih:



SAHUR!

Pada tau nggak sahur itu apa? Nih gue jelasin. Menurut wikipedia, sahur adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa. Kurang afdol rasanya kalo berpuasa tanpa sahur terlebih dahulu. Jadi buat jomblo-jomblo yang selalu telat bangun sahur, cepet-cepet cari pacar ya buat bangunin. Muehehehehehe... *ketawa sejadi-jadinya*


Ngabuburit

Kegiatan kurang kerjaan yang sering bikin macet di sore hari ini memang hanya terjadi di bulan puasa doang. Kegiatan ini biasanya dimulai dari pukul 3 sore sampe terserah kalian aja lah. Kalo gue sih ngabuburitnya simple aja. biasanya gue ngabuburit dengan cara nyemilin sasa atau royko plus tutup botol sirup marjan sambil nungguin ajan maghrib berkumandang. 

ngabuburit coy!
sumber: google

Pedagang Kolak, Es dan Timun Suri Berceceran Sepanjang Jalan Kenangan

Iya, fenomena ini hanya bisa gue rasakan di bulan puasa doang. Tukang kolak, tukang timun suri dan tukang es berceceran. Hampir di setiap trotoar jalan dapat kita jumpai berbagai spesies tukang-tukang ini. Menu yang ditawarkan juga bervariasi. Mulai dari kolak ubi, kolak pisang, kolak angin, kolak bala, kolak peluru ( ITU TOLAK WOY! ). Es juga macem-macem. Ada es campur, es buah, eskimo, esbeye, esde, esempe, esema, esemka, banyak deh pokoknya.

yok dibeli motornya dibeli
sumber: Google juga

Kenaikan dan Penurunan Jumlah Jamaah Secara Tragis dan Sadis diberbagai Masjid maupun Mushola

Entah karena males atau kebelet boker, dari hari ke hari selama bulan Ramadhan pasti diberbagai masjid maupun mushola terjadi penurunan jumlah jemaah yang hadir untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Cuma di hari pertama Ramadhan, jamaahnya membludak sampe tumpeh-tumpeh. sampe-sampe mau sholat aja kudu rebutan lahan. Untungnya nggak sampe ada sengketa lahan. kalo misalkan ada, bisa-bisa terjadi perang antar ormas nih ( ormas = orang keramas )
Tapi Alhamdulillah daripada masjid sepi kayak di bulan-bulan biasa. Paling juga jamaah di masjid atau mushola isinya Cuma satu shaf, atau bahkan Cuma bertiga. Cuma imam, muadzin sama marbot. Itupun juga kalo marbotnya lagi nggak cuti. Miris memang.

saat bulan Ramadhan ( hari pertama loh ya )
sumber: google lagi
saat bulan-bulan biasa ( Muadzin dan Imam. marbotnya lagi cuti )
sumber: emang cuma google yang pengertian
Sarung Ajaib

Sarung itu bukan Cuma bisa buat sholat, tapi juga bisa dijadikan sebagai senjata yang ampuh untuk mengusir hama perusak hubungan orang. Kalo sarungnya digulung lalu dijilat dan dicelupin dengan seksama, maka sarung bisa menjadi sebuah pecot yang jika kita terkena oleh serangan dari sarung tersebut, pupus sudah harapan kita untuk merusak hubungan orang. ( entah apa kolerasinya antara sarung dengan merusak hubungan orang )

inilah senjata pembasmi hama perusak hubungan orang
sumber: google belahan dada jiwaku


Petasan War Zone!

Bagi gue dan anak-anak lainnya, bulan puasa itu identik dengan petasan. Karena cuma di bulan puasa kita anggota polri di dunia ultramen bisa mendapatkan petasan dengan mudah, murah, dan cepat layaknya slogan tokojelekdotcom. Biasanya gue dan kawan-kawan memulai perang petasan sesudah kabur sholat taraweh di masjidil harom. Kami biasanya perang melawan kampung sebelah. Petasan yang kami gunakan macem-macem. Kayaknya misalnya: petasan kentut, petasan kupu-kupu, petasan jangwe, petasan korek, petasan tempe, petasan teko, petasan kendi, dipilih-dipilih murah aja ( NGAPAIN DAGANG NYET! )

ayo dipilih petasannya dipilih
sumber: Tukang petasan


Segitu dulu ya pengetahuan singkat mengenai fenomena-fenomena yang cuma terjadi di bulan puasa doang. Menurut kalian masih ada lagi nggak? Kalo misalkan masih ada lagi, bisa kali bagi-bagi infonya di kolom komentar :D

15 comments:

  1. Wkwkwk, yang paling ngakak "orang-orang udah pada bangun pagi-pagi budek cuma untuk nungguin imsak (Lah ini orang kurang kerjaan banget -_- )". Orang-orang itu ada kerjaan lah nungguin imsak daripada kakak nulis ginian, wkwk. Gaya bahasanya keren! Gaolllzz gimana gitu (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nulis ginian sekalian nungguin imsak wkwkwk...
      hehe makasih yak :*

      Delete
  2. good job boy, keep to write of your blog, next time will be a success man :)

    ReplyDelete
  3. wkwkwk aku ngakak kak,abis kocak bett;;)mantap dah(y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya dek udah mau buang-buang waktu buat baca tulisan yang nggak jelas ini :D

      Delete
  4. Koplak lu dhik :D
    lu nulis ginian sambil boker? Dimana mana kebelet boker -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. boker itu adalah saat yang sangat tepat untuk menggali inspirasi dan membuang hal negatif :D

      Delete
  5. fenomena yg terjadi pas bulan puasa itu mungkin orang orang nungguin adzan maghrib banget ya:>

    menurut gue udah mulai enak aja jokes nya udah lumayan banyak yang absurd+lawak wkwk good job qaqa dhika:'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, rating adzan maghrib naik drastis bro

      gue sekarang lebih sering menggunakan jokes yang ringan tapi "ngena" daripada jokes yang bertele-tele tapi garing:)

      thanks ya nun udah mau mampir :)

      Delete
  6. Gue suka bagian ini, "tak juju tak juju tak, pala lu botak, minta dijitak." Main jitak ajasih. Hahahaha.
    Pasar Ramadhan everywhere. Berserak di jalan-jalan.

    Btw, yang sarung itu emang sakit banget. Gue jadi korban mulu kalau adik gue bikin sarung kek gituan. (--,)

    ReplyDelete

Kalo berkomentar yang baik-baik aja ya. Kan kalo orang baik pasti komentarnya juga baik. Kalo komentarnya jelek, mending ngaca dulu deh. Siapa tau komentar kamu sama kayak muka kamu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...