Wednesday 28 May 2014

Keadilan dan Coki-Coki

Manusia memang sering nggak adil. Kenapa gue bilang begitu? Karena ATM sampe bisa dibobol empat kali sama Real Madrid dan ditonton langsung oleh jutaan pasang mata dari seluruh dunia. Tapi polisi, tentara, hakim, presiden, ketua RT, ketua panitia amal masjid, dan ketua kelas malah adem-ayem aja tanpa melakukan penindakan apapun terhadap pihak dari Real Madrid yang jelas-jelas ketauan membobol ATM sampe 4 kali! Gue bukannya kecewa karena gue kalah taruhan dalam memperebutkan pilus sapi panggang dari temen gue, tapi gue cukup kecewa dengan hukum di dunia yang terkesan tebang pilih dalam mengambil keputusan. ATM dibobol 4 kali didiemin, giliran nenek-nenek nyolong gedebong pisang digebukin. Haiya... alassolaaa~

Justice League for ATM!


Ngomong-ngomong soal keadilan, gue punya cerita kelam terhadap tebang pilihnya hukum di dunia, terutama di Indonesia. Dulu waktu gue SD, gue punya temen sekelas yang hobi banget ngambil coki-coki di koperasi sekolah... tanpa bayar. Iya, dia nyolong. Tapi dia nggak pernah sekalipun di hukum sama pihak sekolah. Soalnya dia nggak pernah ketauan. Gara-gara tiap kali dia nyolong nggak pernah diomelin, gue jadi nyoba buat ikut-ikutan nyolong juga di koperasi sekolah. Tapi barang yang gue colong jelas lebih berkelas. Gue nggak mau nyolong coki-coki gopean, tapi gue nyolongnya ciki Taro. Abis nyolong, cikinya di taro lagi. Eh nggak gitu. Cikinya tetep gue colong.

Jadi gini ceritanya, pagi-pagi saat istirahat, sekitar jam 12 kurang 2 jam 30 menit, gue diem-diem pergi ke koperasi sekolah buat ngambil ciki Taro yang udah gue incer sejak Insinyur Soekarno masih di dalam kandungan. Saat ciki Taro yang bergelantungan dengan gemulai di depan koperasi sekolah berhasil gue ambil, tiba-tiba ibu penjaga koperasi menghampiri gue dengan tatapan yang sinis.

"Kamu ngapain clingak-clinguk sambil megang ciki Taro?! Mau nyolong ya?!" Alis matanya terlihat gondal-gandul persis kayak jungkat-jungkit di taman kanak-kanak. Dengan tubuhnya yang bogel dan badannnya yang gempal, sekilas ia tampak seperti atlit sumo abis kesundut knalpot motor matic cabe-cabean. Panas, berlendir, tapi bikin nafsu.

"Eh... Itu... Anu bu... Eh..." Gue yang hobi ngebacot seketika jadi gagap.

"Kamu mau nyolong kan?! Hayo ngaku!" si Ibu Penjaga Koperasi makin galak

"Eh... Iya bu!" Mampus. Gue keceplosan.

"Bayar nggak! Nanti ibu panggil nih orang tua kamu! Mau kamu ibu bawa ke ruang BK?!" si Ibu Penjaga Koperasi ngancem gue sambil menodongkan pistol air ke kepala gue. Padahal sebelumnya dia nggak megang pistol air. Gue rasa dia ini Jin. Jin dan Jun.

"Iya bu saya bayar deh. Tapi jangan panggil ibu saya ya bu, panggil bapak saya aja. Ibu saya orangnya budek. Apa lagi kalo lagi tidur. Makanya ibu panggil bapak saya aja. Tapi manggilnya jangan pagi bu. Soalnya nama bapak saya Dadang, bukan pagi. Nggak usah manggil bapak saya deh bu. Bapak saya kalo kerja pulangnya pasti malem terus bu. Kasian kan bu nanti dia capek. Oh iya bu, sekolah kita itu dari nggak punya ruang BK. Guru BK-nya pun nggak ada bu. Makanya jangan bawa saya ke ruang BK ya bu. Saya takut." Karena gue pinter di kelas, dengan ilmu yang gue dapet dari pelajaran Bahasa Indonesia, gue pun mulai mengarang bebas. Nggak sia-sia gue sekolah. Ternyata ilmu yang selama ini gue pelajarin di sekolah ada manfaatnya juga ya di kehidupan sehari-hari.

"Oh...." si Ibu Penjaga Koperasi mangap sambil ngangguk-ngangguk kayak sapi perah abis dugem. "Ya udah sini mana bayar 2 ribu!" si Ibu Penjaga Koperasi kemudian ngegas kayak preman Blok M yang lagi malak bocah SD. Premannya ini bocah SD juga. Pemalak sama yang dipalak ternyata satu SD. Eh ini ngapain jadi nyeritain anak SD malak?

"Yah bu, saya nggak ada uang 2 ribu. Saya adanya uang gopean 4 biji. Lagian harga ciki Taro kan seribu, bu. Ya udah ini saya kasih gopean 2 biji. Kalo gopean 4 biji kan jadinya 2 ribu. Kebanyakan bu. Ibu mau korupsi? Ibu mau dipenjara?" 

Gue sempet panik karena nggak megang uang 2 ribu. Tapi berbekal ilmu matematika yang gue pelajari di sekolah, akhirnya gue bisa ngitung kalo ternyata duit gopean 4 biji itu sama aja 2 ribu. Dan berbekal ilmu PKN yang gue pelajari di sekolah, gue berhasil mencaramahi si Ibu penjaga Koperasi kalo korupsi itu bisa bikin orang masuk penjara. Padahal gue tau koruptor dipenjara itu dari TV, bukan dari sekolah. Tapi nggak apa-apa, nggak sia-sia gue sekolah. Ternyata ilmu yang selama ini gue pelajarin di sekolah ada manfaatnya juga ya di kehidupan sehari-hari.

"Ah ibu nggak mau masuk penjara! Ya udah mana sini seribunya?!" Si ibu penjaga koperasi ini kayaknya nggak pernah sekolah sampe-sampe bisa gue bego-begoin. Derajat ibu ini sepertinya sudah sangat rendah karena dia berhasil dibego-begoin sama orang yang jelas-jelas lebih bego dari dia.

"Nih bu. Jangan korupsi ya bu. Nanti penjaranya jebol kalo ibu yang masuk. Hahahahaha..." Gue ketawa sambil lari dan kabur. Gue kabur dari dunia. Iya, gue kabur ke Matahari... Departement Store buat nyolong ciki Taro lagi.

"Bocah semprul!" Si Ibu ngomongnya sambil ngegas. Padahal bensinnya abis. Iya, gue tau ini nggak lucu.

Setelah kejadian itu, gue nggak pernah berani lagi buat jajan di koperasi SD gue. Tapi temen gue masih aja rutin ngelakuin aksi nyolong coki-coki sampe kami hampir jadi sarjana sekolah dasar. Karena gue gondok, saat istirahat sekolah gue mencoba buat negur temen SD gue yang bisa dibilang doi pro banget dalam hal nyolong coki-coki. Tapi gue bukan negur karena pengen nyuruh dia berhenti, tapi gue negur karena gue butuh tutorial buat nyolong coki-coki dari dia.

Saat istirahat, gue menghampiri meja temen gue (sebut aja Boy) dan kemudian keluarlah kata-kata penuh memelas dari bibir gue, "Boy, lu kok gue perhatiin sering nyolong coki-coki di koperasi tapi nggak pernah ketauan sih?" Gue bertanya sambil nelen ludah kepala sekolah karena gue dipaksa buat ngeliatin si boy nyedot coki-coki dengan penuh nafsu.

"Hah?" Dia berhenti nyedot coki-cokinya. "Yang jaga koperasi sekolah itu ibu gue. Tiap hari gue dapet jatah 1 coki-coki."

"Oh..." Gue bengong. Tukang kebun sekolah bengong. Marbot mushola deket rumah gue bengong. Pembaca blog gue nggak bengong. Soalnya lagi baca.

Ternyata si Boy ini adalah anak dari si Ibu Penjaga Koperasi Sekolah. Dari situ gue jadi tau, ternyata supaya kalo nyolong coki-coki nggak diomelin, lo terlebih dahulu harus jadi anak dari si Ibu Penjaga Koperasi Sekolah. Karena nggak mungkin ibu gue jadi penjaga koperasi sekolah, akhirnya gue memutuskan buat ganti ibu baru yang suka jagain koperasi sekolah. Eh nggak gitu.

Karena gue orangnya nggak mudah putus asa, akhirnya gue memberanikan diri buat nyolong lagi di koperasi sekolah. Tapi kali ini caranya anti-mainstream. Jadi gue colong jajanannya, terus gue tinggalin duit sesuai dengan harga jajanan yang gue ambil. Gue yakin, pasti dengan cara itu gue nggak bakal diomelin.

Ternyata bener, gue nggak diomelin. Dan ternyata terbukti kalo dari SD gue emang bego. Yang gue lakuin itu namanya beli, bukan nyolong. Sebagai pencuri kelas teri, gue merasa bingung. Seumur-umur gue sekolah, belum pernah sekalipun sekelas sama teri. Karena Teri itu adek kelas gue. Teri putri.

Dari cerita gue di atas, jelas terbukti kalo ternyata bukan hukumnya yang tebang pilih, tapi emang guenya aja yang bego. Jelas aja temen gue nyolong coki-coki nggak diomelin, lah yang jaga aja maminya.

Hukum emang kadang nggak adil. Kalo seseorang melakukan kecurangan dan dia nggak punya hubungan apa-apa sama 'orang dalem', pasti hukumannya berat. Sedangkan kalo seseorang punya hubungan kekerabatan dengan 'orang dalem', pasti kecurangannya ditutup-tutupin. Kalopun ketauan, paling hukumannya nggak berat-berat amat.

Nggak semua manusia itu adil. Ada juga yang adul. Dan ada juga yang adel. Tergantung orang tuanya yang ngasih nama.

30 comments:

  1. Wkwkwkkww, Ngga Lucu , Kunjugan Baliknya ya :D

    ReplyDelete
  2. Plisss.. Plisss.. Gue udh baca seriuss.. Pliss.. Plisss ngajak berantem postingan lo yg ini, BEGO... Hahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir ke blog gue dan mencoba buat serius? Lo salah jalan kak :p
      Jangan berantem sama orang bego. Entar puyeng sendiri loh. :v

      Delete
  3. Kirain dia cara nyolongnya gimana gitu ternyata anaknya to hahaha

    ReplyDelete
  4. Nice post ni, gokil walopun garing tapi tetep penuh makna :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gokil yang garing itu kayak gimana yak? wkwkwk.
      Tengkyu lah :D

      Delete
  5. hahahahaha ngakak abis gue bacanya Dhi, lumayan buat hiburan yang lagi UKK nih hahaha :D
    besok temen2 gue yang hobi tiap hari makan coi2 gue saranin kek gitu ah~ wwkwkwkk
    seeeep lanjutkan Dhik ^^9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar gratis, ikutin cara si Boy wkwkwkwk
      Makasih ya Dhita :D

      Delete
  6. terima kasih postingannya Dhik, gue sempet lagi galau sbmptn, terhibur juga sekarang. haha sial XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahaha :D samaan ih nof :D gue juga lagi galau SBM, eh baca postingannya sumantolol jadi mesem2 sendiri wkw

      Delete
    2. gue jugaaa, gue seperjuangan sama kalian. setelah galau gara-gara gak lolos snmptn gue juga agak sedikit terhibur baca postingan kampret ini wkwk. bego banget sumpah tapi keren dan menghibur

      Delete
    3. Makasih semuanya. I luv yu guys :*
      Ngulang lagi aja taun depan. Sekolah lagi setaun biar lolos SNMPTN :v

      Delete
  7. HAHAHAHA yang bego ini siapa ya? Yang nulis apa yang baca? Jangan-jangan yg bego itu penjaga koperasi? Ah sudahlah, semua sudah terlambat. jOkowi sudah nyapres -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bego itu yang nggak nyempetin buat baca blog gue :v
      Udah terlambat? Jadi aku nggak boleh masuk nih? Iya, masuk ke hati kamu :(

      Delete
  8. hahahaha. kampret banget ini cerita. gokil banget lo dhik. absurd deh ceritanya. ciki taro seribu aja pake dicolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha makasih kak :D
      Ciki Taro itu harta karun anak SD kak :p

      Delete
  9. hahaha.. keceplosannya yang bikin jadi kacau.. coba gak mungkin lo sudah pencuri professional :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh gue masih cemen dalam soal curi-mencuri. Apa lagi soal nyuri hati cewek. Gue cemen banget :(

      Delete
  10. Hahahaha dikira postingan serius, ngakak bacanya :'''D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di blog ini lo nemu postingan serius, berarti lo sedang menemukan mukjizat nabi :v

      Delete
  11. Mau ngabarin, kamu dapet award dari aku loh.. http://fuchocolate.blogspot.com/2014/06/the-liebster-award.html

    ReplyDelete
  12. Nasib lu emang apes. Mungkin perlu ruwat dulu buang sial haha.. Btw, gue sikatin Taro dong :D

    ReplyDelete
  13. kenapa gak lo suruh ibu lo aja gantiin tuh ibu jaga koprasi? biar bisa nyolong coki-coki. hahaha

    ReplyDelete
  14. Hai selamat ya lu dapet LiebsterAward dari gue disini http://entabulet.blogspot.com/2014/06/dapet-award.html :D

    ReplyDelete
  15. Hahaha sumpah ini postingan taibanget! :D
    Udah itu aja. Puas. :)

    ReplyDelete

Kalo berkomentar yang baik-baik aja ya. Kan kalo orang baik pasti komentarnya juga baik. Kalo komentarnya jelek, mending ngaca dulu deh. Siapa tau komentar kamu sama kayak muka kamu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...