Saturday 12 October 2013

Move on, mblo!

"Eh bro lu kapan sih bisa move on? Mau sampe kapan lu begini bro? Enggak bosen apa lu jadi jomblo dekil terus? Makanya mandi dong bro biar nggak dekil! Abis mandi terus move on bro, MOVE ON!" - Boim, pengusaha WC umum lintas kecamatan

"Masih ngarepin yang lama ya bro? Ya elah bro, manusia di dunia ini tuh masih banyak kaleee. Cari dong yang baru! Apa lu mau gue kenalin sama tante-tante yang sering nyewa jasa gue?" - Tomas, gigolo pasar glodok

"Bro cicilan gayungnya tolong dilunasin ya. Lu udah nunggak dua minggu nih!" - Suep, tukang kredit antar kota antar provinsi


Setiap hari, ada aja orang-orang di sekitar kehidupan gue yang selalu memberikan peringatan-peringatan keras yang menusuk jiwa raga seorang penambang kilang asmara. Mereka nggak hanya memberi peringatan aja, mereka juga selalu memaksa diri gue untuk segera move on dari seseorang yang sudah menjadi masa lalu. Padahal nih ya, orang-orang yang nyuruh gue buat move on itu rata-rata jomblo ilegal yang udah bergelar MJ ( Master of Jomblo ) sejak jamu sido muncul dikonsumsi oleh kuli-kuli hamil. Memang, kenyataan sering kali lebih kejam dari kelihatannya. Seperti kasus ini. Ada jomblo teriak jomblo. Kejam sekali!


Oh iya, ngomong-ngomong tentang move on, di postingan kali ini gue bakalan ngebahas tentang apa itu move on. dimulai dari asal kata move on itu sendiri. move on berasal dari bahasa Sansakerta yang ditemukan pada kitab Sutasoma yang dalam bahasa Indonesia kata tersebut berarti "pindah".



Banyak yang salah tentang pengertian Move on. Banyak yang bilang ke gue bahwa move on itu berarti harus melupakan semua hal tentang seseorang yang menjadi masa lalu dan harus segera mencari tempat persinggahan yang baru. menurut gue pengertian itu salah. Move on menurut gue adalah proses perpindah dari tempat persinggahan yang lama ( mantan ) menuju tempat persinggahan yang baru ( gebetan atau pacar baru ). Jadi, tempat persinggahan yang lama tuh nggak dilupain gitu aja. Justru pengalaman buruk dan kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi dipersinggahan yang lama bisa membuat kalian mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara memperbaiki suatu hubungan yang rusak agar kedepannya kalian nggak akan mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama seperti pada hubungan kalian yang sebelumnya.




Kenangan indah di masa lalu emang sulit bahkan mustahil untuk dilupain secara instan. Maka dari itu, saat kalian sedang dalam tahap move on, kalian boleh kok inget kenangan-kenangan tersebut. Tapi untuk mengingat kenangan tersebut ada batasannya. Jangan diinget terus-terusan. Kapan kalian bisa move on kalo kenangan masa lalunya masih diinget-inget terus, mblo?





Munafik banget kalo ada orang yang bilang bahwa dia udah lupa sama semua kenangan-kenangan yang pernah dia alami bersama seseorang yang menjadi masa lalunya. Kecuali orang yang bilang kayak gitu kepalanya abis dibenturin ke beton gorong-gorong sampe otaknya lurus kayak sirkuit bom bom car, kalo gitu baru deh nggak munafik.




Move on itu harus banget! Kenapa gue bilang begitu? Karena kita sebagai makhluk hidup pastinya akan terus tumbuh dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Baju yang gue pake sewaktu kecil sekarang udah nggak muat lagi. Sepatu yang dibeliin orang tua gue sewaktu gue masih TK juga sekarang udah nggak bisa gue pake lagi. Barang-barang yang udah nggak muat itu pasti nggak akan gue paksain buat dipake di masa sekarang. Daripada memaksakan diri untuk memakai semua barang-barang yang udah nggak layak untuk gue pake, gue lebih memilih untuk memberikan barang-barang tersebut kepada orang yang lebih membutuhkannya. 




Begitu juga soal hati. Kita nggak bisa memaksakan sesuatu yang memang udah nggak cocok lagi dengan diri kita. Dan daripada memaksakan diri untuk sesuatu yang udah nggak pantes ada buat kita, lebih baik kita memberikan hal tersebut kepada seseorang yang mungkin lebih membutuhkannya.




"Berikanlah masa lalumu pada seseorang yang membutuhkannya" - Dhika Rizky Sumanto, atlet debus, hobi makan beling








Kesalahan yang terjadi dalam menjalin hubungan di masa lalu seharusnya dapat membuat kita berusaha untuk menghindari kesalahan tersebut terulang kembali di hubungannya yang berikutnya. Kesalahan di masa lalu diciptakan bukan untuk disesali, tetapi untuk dipelajari dan dicari solusinya agar kesalahan tersebut nggak terjadi lagi di masa yang akan datang. 





"Jangan gunakan umur yang diberikan tuhan untuk menyesali kesalahan-kesalahanmu di masa lalu. Tapi gunakanlah umur tersebut untuk memperbaiki dirimu di masa yang akan datang" - Dhika Rizky Sumanto, pelopor gerakan move on sedunia.




Rukun islam ada 5: Membaca 2 kalimat syahadat, sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, berzakat, dan naik haji bila mampu. Karena rukun Islam ada 5, maka dari itu sebagai seorang jomblo yang bermartabat dan berakal sehat, mari kita mulai move on dari sekarang. Kalo bukan kita yang move on dari sekarang, siapa lagi?


AYO KITA MOVE ON, MBLO!

26 comments:

  1. kasih tau dong gimana caaranya biar gampang moveon juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. move on itu nggak gampang, tapi nggak ada yang nggak mungkin :)

      Delete
  2. haha. move on gampang dikatakan. susah dilakukan.
    ujung ujung nya jadi galau. hehe

    mampir ke blog gua juga ya

    ReplyDelete
  3. bang dhika ga bisa move on dari siapa? :p hahahahahaha

    ReplyDelete
  4. Belum prenah pacaran, nggak ngerti gimana dan apa move on :'(

    ReplyDelete
  5. Jadi inti dari segala inti adalah, move on itu 'hanya' pindah. Ngga harus melupakan.

    ReplyDelete
  6. iya neh gw lagi gagal move on dari kerjaan yang sekarang

    ReplyDelete
  7. karena otak itu bukan hardisk, makanya nggak bisa maen hapus aja memorinya, masa lalu cukup jadiin pembelajaran aja (y) B)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah! belajar dari masa lalu agar kedepannya lebih baik lagi :))

      Delete
  8. Keren banget nih gue-suka-gaya-lo ASIK manteppp bro

    ReplyDelete
  9. Thanks banget bro berkat postingan Move On dari lo dan dieqy, sekarang gue udah bisa move on beneran dari mantan gue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue turut bersuka cita, kak! Move on-nya ke kak Adi kan ya? *eh

      Delete
    2. Anjrittt kampret bgt lo wkwk. Ini media social woy, nggak enak kalo orangnya baca-_-

      Delete
  10. Replies
    1. Asal ada kemauan, perlahan tapi pasti lo bakal move on. Percayalah. Tapi jangan percaya kalo lo emang nggak percaya.

      Delete
  11. Hai, mblo! Anda dapat award dari saya. Silakan dicek --> http://mis-fil.blogspot.com/2014/06/the-liebster-award.html

    ReplyDelete

Kalo berkomentar yang baik-baik aja ya. Kan kalo orang baik pasti komentarnya juga baik. Kalo komentarnya jelek, mending ngaca dulu deh. Siapa tau komentar kamu sama kayak muka kamu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...