Tuesday, 11 August 2015

Cara Mencintai Indonesia

Bulan Agustus di Indonesia biasanya indentik dengan munculnya jutaan orang dari Sabang sampai Merauke yang mendadak jadi nasionalis dan cinta tanah air. Kenapa bisa gitu? Karena setiap tanggal 17 di bulan Agustus, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Momen hari kemerdekaan ini sering banget dimanfaatin sama orang-orang yang (katanya) berjiwa nasionalisme dan patriotisme buat ngaku-ngaku di media sosial kalo mereka cinta dan bangga sama Indonesia. Dari mana gue tau? Soalnya gue begitu.


Di Indonesia bukan cuma duren atau layangan aja yang ada musimnya, cinta sama negara pun juga ikut-ikutan punya musimnya sendiri. Kalo nggak percaya coba deh perhatiin kondisi Indonesia setiap bulan Agustus; di setiap jalan, pos ronda, warteg, bahkan sampe tempat rental PSK, semuanya dihiasi ornamen bendera merah putih. Semua itu dilakukan oleh warga negara Indonesia untuk mewujudkan cintanya terhadap negeri yang kaya akan produksi video skandal PNS dan para pejabat yang senang berpoligami ini.

Menurut pengamatan gue selama tinggal di Indonesia, momen perayaan hari kemerdekaan makin ke sini kayaknya makin kehilangan esensinya sebagai alat untuk memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme bagi masyarakat Indonesia. 17 Agustusan cuma jadi sekedar seremoni tahunan yang kehilangan maknanya. Kenapa gue ngomong kayak gini? Karena di zaman sekarang ini udah jarang gue liat orang-orang Indonesia yang nunjukin kalo mereka cinta sama negeri ini. Di jalanan gue sering banget ngeliat sampah-sampah berserakan, ibu-ibu yang kalo ngasih lampu sein kanan tapi beloknya malah ke kiri, dan cabe-cabean U-17 yang goncengan naik motor metik bertiga; yang satu nyetir, yang satu lagi duduk sambil check-in Path di belakang yang nyetir, dan yang satu lainnya gelantungan di kaca spion. Atraksi-atraksi yang mengancam nyawa kayak gitu udah bosen banget gue liat di jalan raya. Belum lagi di TV gue liat banyak berita yang nggak enak didenger kayak aksi vandalisme, pejabat yang terjerat kasus korupsi, Duo Serigala yang goyang dribble pake tetek yang segede ban Kopaja, dan masih banyak lagi peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia yang sama sekali nggak memperlihatkan bahwa bangsa Indonesia mencintai negerinya sendiri.

Kalo Bung Karno dan kawan-kawan seperjuangannya masih hidup, pasti mereka sedih dengan kondisi Indonesia saat ini. Kalo Kapiten Pattimura masih hidup, pasti dia gerah karena sering dipenjarakan di dalam dompet anak kost. Dan kalo SBY masih jadi presiden, mungkin dia bakal bilang, "saya prihatin".


Gue udah keren belom? Belom ya? Oke lanjut~


Sebenernya gampang kok untuk mewujudkan cinta kita terhadap NKRI. Kita nggak perlu nyambitin para bule Belanda pake bambu runcing, kita nggak harus perang gerilya di hutan, kita juga nggak harus macarin cabe-cabean yang senang beraksi brutal di jalan raya. Terus kita harus ngapain dong? Cukup lakukan hal-hal sederhana di bawah ini, dan gue jamin lo udah jadi Indonesia banget!

Buang Sampah Pada Tempatnya

Hal kecil kayak gini bisa bermanfaat banget loh buat negara kita. Coba bayangin kalo jutaan orang di Indonesia membuang sampah pada tempatnya setiap hari, pasti deh Indonesia bakal bersih. Kalo Indonesia bersih kan kitanya juga yang nyaman. Kalo udah nyaman, kita bakal makin cinta deh sama Indonesia. Anggaplah Indonesia itu adalah orang. Bayangin orang itu dekil, matanya belekan dan badannya bau iler biawak. Apa lo bakal cinta sama orang kayak gitu? Boro-boro cinta, nyaman juga kayaknya nggak bakalan deh. Makanya mulai dari sekarang ayo kita biasain buang sampah pada tempatnya. Kalo susah nyari tempat sampah, ditaro tas atau dikantongin aja sampahnya sampe ketemu tempat sampah. Jangan nyari-nyari alesan supaya bisa buang sampah sembarangan, karena bakal nyesek kalo pacar suka nyari-nyari alesan supaya bisa putus. Apa lagi kalo nggak punya pacar terus tau-tau diputusin. Nyesek bro.

Menghargai Perbedaan

Nggak semua orang punya bentuk fisik dan pemikiran yang sama, maka dari itu kita harus menghargai segala perbedaan yang ada. Lagian bakal aneh kalo semua orang punya bentuk fisik yang sama. Gue nggak kebayang sih kalo tetek gue bisa dipake buat goyang dribble.

Patuhi Peraturan Yang Berlaku

Sesungguhnya kedamaian akan terjadi ketika semua orang mematuhi peraturan yang berlaku. Nggak percaya? Coba bayangin kalo semua ibu-ibu di jalan raya berbelok ke arah yang sesuai dengan lampu sein yang mereka nyalakan, pasti nyawa orang-orang yang biasa berlalu-lalang di jalan raya akan jauh lebih aman dari pekerjaan malaikat Izrail.



Saling tolong-menolong

Nggak semua orang yang tinggal di Indonesia itu hidup serba berkecukupan. Masih banyak banget orang Indonesia yang buat makan sehari sekali aja masih susah. Boro-boro mikirin hari ini mau belanja sempak di mal yang mana, buat beli makanan aja nggak tau harus bayar pake apa. Duit nggak ada, tapi perut harus selalu diisi. Makanya sebagai warga negara yang mengaku cinta terhadap negaranya, kita harus saling tolong-menolong. Kalo punya duit banyak, sisihin sedikit uang yang ada untuk diberikan ke orang-orang yang jauh lebih membutuhkan. Atau kalo mau lebih produktif, coba bikin usaha dan buka lapangan pekerjaan.

Gunakan Produk Dalam Negeri Yang Original

Nggak bisa dipungkiri kalo produk dari luar negeri emang keren-keren, tapi bukan berarti produk dalam negeri kalah keren. Banyak kok produk-produk asli Indonesia yang kece banget kalo kita pake. Misalnya kaos Joger Jelek dari Bali atau Dagadu dari Yogyakarta. Dan jangan lupa untuk gunakan produk yang original. Karena dengan menggunakan produk dalam negeri yang original, kita berarti telah mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan itu berarti kita juga mencintai negara ini.

Gila, gue emang keren.

 Mengapresiasi Karya-Karya SumantoLOL

Dengan membaca, memberi komentar dan menyebarkan link blog ini ke temen-temen kalian, berarti kalian telah mendukung anak bangsat ini untuk terus berkarya dan secara tidak langsung kalian telah mendukung Indonesia untuk menjadi negara yang kaya akan kreativitas.

Nggak juga sih. Mau gue jadi gembel atau jadi pejabat yang doyan nonton bokep pas rapat, tetep aja Indonesia kaya dengan masyarakat yang kreatif.

Yha.

***

Itu dia beberapa cara sederhana untuk menunjukan bahwa kalian mencintai dan menginginkan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi negara yang baik dan nyaman untuk ditempati. Nggak perlu kalian koar-koar dan mengklaim bahwa kalian cinta Indonesia dan menghargai perjuangan para pahlawan kita terdahulu kalo buat ngelaksanain hal-hal sederhana seperti yang gue bilang barusan aja kalian nggak sanggup.

Kalo ada kritik atau saran mengenai cara mencintai Indonesia, kalian bisa kasih di kolom komentar di bawah postingan ini.

Selamat mencintai Indonesia!

20 comments:

  1. Waaa waa waaa keren keren, gila setelah sekian lama kagak ngeksis tiba2 muncul dengan postingan kek gini. Ah gila lu, udah dewasa aja sekarang pemikirannya, bermanfaat pula. Gue akui tulisan elu makin bagus aja dik. Lanjutkannn kakak ^^9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders
      Lomba ini diperpanjang sampai tanggal 22 Agustus 2015.

      Buruan ikutan dan jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
    2. Hai Dhita! Ah bisa aja lu. BTW makasih banget loh udah nyempetin diri buat baca blog gue. Bukan pemikirannya aja kok yang dewasa, tapi MUKANYA JUGA DEWASA. Makasih yaaa ^^9

      Delete
  2. Replies
    1. Sorry kak, kepala gue abis kebentur buku UUD 1945. :')

      Delete
  3. Cara-cara mencintai Indonesia di atas memang simpel tapi pasti sulit bagi yang gak bisa membiasakannya.

    ReplyDelete
  4. Memang kadang cara sesederhana pun tak kita hiraukan. Hmmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan berharap urusan ribet bakal beres kalo urusan sederhana aja nggak sanggup buat diberesin.

      Delete
  5. Replies
    1. Ini ngomentarin postingan atau kampanye Partai Demokrat, Ja?

      Delete
  6. ngakak kayanya emang dendam sama ibu-ibu naik motor yaa ,, hahaha ,, paling sering masalah spion kiri ama kanan biasanya tuh ibuibu .. oya dengan menghargai perbedaan itu sangat bisa memupuk rasa nasionalisme :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gue emang dendam banget sama ibu-ibu yang suka nge-drag di jalan raya wkwk. Kita emang harus menghargai perbedaan karena berbeda itu nggak buruk kok. Justru aneh sih kalo segala hal yang ada di dunia itu sama.

      Delete
  7. Wah keren ni kereen tulisannya. Memang terkadang hal-hal kecil seperti ini malah tak kita hiraukan :( Pdahal jika hal-hal kecil ini dapat direalisasikan oleh seluruh rakyat indonesia, gue yakin negeri yang sedang mengalami krisis moral ini akan bisa menjadi lebih baik lagi. Ah, memang semua harus dimulai dari diri sendiri dulu. :) Semoga kita menjadi pribadi yang bisa menjadi contoh buat orang banyak ya ^^

    Btw, salam kenal yaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih ya. Meskipun keliatannya sederhana, tapi dampaknya pasti luar biasa besar jika seluruh rakyat Indonesia melaksanakannya. Kita emang harus mulai semuanya dari diri sendiri dulu. Semoga begitu. :D

      Salam kenal Eva^^

      Delete
  8. hmm ternyata itu cara-cara mencintai indonesia, thanks infonya

    ReplyDelete
  9. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

    ReplyDelete

Kalo berkomentar yang baik-baik aja ya. Kan kalo orang baik pasti komentarnya juga baik. Kalo komentarnya jelek, mending ngaca dulu deh. Siapa tau komentar kamu sama kayak muka kamu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...